Pengertian dan Cakupan Komunikasi
Komunikasi adalah proses
penyampaian dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.
Cakupan Komunikasi
Sifat Komunikasi
-
Oral
-
Written
-
Komunikasi tatap muka
-
Komunikasi bermedia
·
Unsur-unsur
dalam komunikasi
Tiga unsur utama komunikasi:
-
Pengirim pesan
-
Pesan itu sendiri
-
Target penerima pesan
·
Bentuk
dasar dari komunikasi
-
Personal communication (interpribadi)
(interpersonal)
-
Group communcation (small group) (large
group)
-
Mass communication
·
Bisnis
dalam pandangan komunikasi
Dalam konsep dan azas komunikasi modern yang lebih menekankan pada kebutuhan
komunikan dan kesiapan dari komunikan dalam proses komunikasi, hal ini lebih
penting dari fungsi pesan dan tujuan dari komunikator, ini disebabkan oleh
prinsip- prinsip yang modern yang lebih mempertimbangkan dan
memperhitungkan pada peluang dari pada produksinya. Walaupun konsep permintaan
berkaitan dengan konsep permintaan tetapi dalam kenyataan di pasar tidak secara otomatis jika pada saat kelebihan
barang dan jasa secara langsung akan membuat pasar menjadi jenuh atau
sebaliknya dengan kelangkaan barang dan jasa akan menyebabkan timbulnya suatu
peluang pasar, mengapa demikian, hal ini disebabkan oleh: 1. Secara psikologis suatu kebutuhan dapat diciptakan. Kebutuhan akan barang
secara individual, dalam kontek ini peluang pasar dapat di buat dengan
mekanisme komunikasi secara berkesinambungan dengan membentuk nilai-nilai social, preferensi dan fungsi.
2. Peluang
pasar ditentukan oleh citra, kebutuhan dan perilaku konsumen tentang barang dan
jasa. Secara umum selalu
timbul permasalahan konsumen – pasar tidak mengetahui informasi dan
keberadaa barang dan jasa di pasar, yang disebabkan umumnya kurang baik dan
kurang memadai dalam menjalankan strategi komunikasi. Hal ini harus
dikembangkan strategi komunikasi yang baik dan efektif ke pasar, yaitu dengan
menjalankan promosi, seperti :
a. Melakukan hubungan antar manusia
b. Kegiatan
advertensi atau iklan
d. Kegiatan
promosi melalui media elektronik
e. Kegiatan
promosi dan penjualan melalui media internet
f. Mengembangkan
system informasi perusahaan
g. Mengembangkan
keahlian komunikator dalam bisnis
Sumber:
eprints.dinus.ac.id/8937/1/Unsur-unsur_komunikasi_02.pdf
http://verahadiyati.blogspot.co.id/2013/05/landasan-pemikiran-komunikasi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar