Senin, 06 Juni 2016

Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis


Pengertian dan Cakupan Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.

Cakupan Komunikasi
Sifat Komunikasi
-          Oral
-          Written
-          Komunikasi tatap muka
-          Komunikasi bermedia

·         Unsur-unsur dalam komunikasi
Tiga unsur utama komunikasi:

-          Pengirim pesan
-          Pesan itu sendiri
-          Target penerima pesan

·         Bentuk dasar dari komunikasi

-          Personal communication (interpribadi) (interpersonal)
-          Group communcation (small group) (large group)
-          Mass communication


·         Bisnis dalam pandangan komunikasi
     
       
      Dalam konsep dan azas komunikasi modern yang lebih menekankan pada kebutuhan komunikan dan kesiapan dari komunikan dalam proses komunikasi, hal ini lebih penting dari fungsi pesan dan tujuan dari komunikator, ini disebabkan oleh prinsip- prinsip yang  modern yang lebih mempertimbangkan dan memperhitungkan pada peluang dari pada produksinya. Walaupun konsep permintaan berkaitan dengan konsep permintaan  tetapi dalam kenyataan di pasar tidak secara otomatis jika pada saat kelebihan barang dan jasa secara langsung akan membuat pasar menjadi jenuh atau sebaliknya dengan kelangkaan barang dan jasa akan menyebabkan timbulnya suatu peluang pasar, mengapa demikian, hal ini disebabkan oleh:  1.    Secara  psikologis suatu kebutuhan dapat diciptakan. Kebutuhan akan barang secara individual, dalam kontek ini peluang pasar dapat di buat dengan mekanisme komunikasi secara berkesinambungan dengan membentuk nilai-nilai social, preferensi dan fungsi. 

      2.    Peluang pasar ditentukan oleh citra, kebutuhan dan perilaku konsumen tentang barang dan jasa.  Secara umum selalu timbul permasalahan  konsumen – pasar tidak mengetahui informasi dan keberadaa barang dan jasa di pasar, yang disebabkan umumnya kurang baik dan kurang memadai dalam menjalankan strategi komunikasi. Hal ini harus dikembangkan strategi komunikasi yang baik dan efektif ke pasar, yaitu dengan menjalankan promosi, seperti :
      a. Melakukan hubungan antar manusia
      b. Kegiatan advertensi atau iklan
      d. Kegiatan promosi melalui media elektronik
      e. Kegiatan promosi dan penjualan melalui media internet
      f.  Mengembangkan system informasi perusahaan
      g. Mengembangkan keahlian komunikator dalam bisnis




Sumber: eprints.dinus.ac.id/8937/1/Unsur-unsur_komunikasi_02.pdf
http://verahadiyati.blogspot.co.id/2013/05/landasan-pemikiran-komunikasi-bisnis.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar