A. Penentuan Proses Komposisi
Proses Komposisi
penyusunan pesan-pesan bisnis dapat dianalogikan dengan proses penciptaan lagu
seperti yang dilakukan oleh seseorang komposer. Begitu halnya dengan prose
komposisi untuk pesan-pesan bisnis. Penyusunan pesan-pesan bisnis ada tiga yaitu:
1.
Perencanaan, beberapa hal perlu diperhatikan
dalam perencanaan diantaranya adalah maksud komunikasi, sasaran audience,
ide pokok, saluran yang digunakan.
2.
Pengorganisasian, organisasi dan komposisi
erat kaitannya dengan penyusunan kata kalimat, dan paragraf perlu
diperhatikan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah
dimengerti, dan dilaksanakan.
3.
Revisi,
seluruh maksud dan isi pesan ditelaah kembali
dari substansi pesan yang akan disampaikan, gaya penulisan, struktur
kalimat, dan bagaimana tingkat pemahaman. Pengecekan dilakukan agar pesan
tersampaikan sesuai perencanaan.
B. Penentuan Tujuan
Tahap pertama dalam
merencanakan suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud atau tujuan
komunikasi. Untuk dapat melakukan hal itu, pertama anda harus menentukan tujuan
yang jelas sesuai tujuan organisasi. Mengapa tujuan harus jelas,
penentuan tujuan yang jelas bagi suatu organisasi akan dapat membantu dalam
proses pengambilan keputusan yang antara lain mencakup :
1. Keputusan untuk meneruskan pesan
2. Keputusan untuk menanggapi audience
3. Keputusan untuk memusatkan isi pesan
Secara umum komunikasi
bisnis mempunyai tiga tujuan yaitu :
- Memberikan Informasi
(informing)
- Membujuk atau persuasi
(Persuading)
- Melakukan kerja sama atau
kolaborasi (Collaborating,)
C. Analisis Audience
Analisis audience
(pendengar atau pembaca) yang akan dihadapi, yaitu: mengembangkan profil
audience yang meliputi penentuan ukuran dan komposisi audience, pengenalan
siapa audience, antisipasi reaksi audience, antisipasi tingkat pemahaman
audience, pemahaman tingkat hubungan komunikator dengan audience.
Tujuan dari analisis
audience adalah berupaya untuk memuaskan kebutuhan informasi bagi audience,
yang meliputi upaya menemukan apa yang diinginkan oleh audience, antisipasi
terhadap pertanyaan yang tidak diperkirakan, fokus pada hal yang dianggap
penting oleh audience.
D. Penentuan Ide Pokok
Dalam satu pesan
bisnis hanya mempunyai satu ide pokok (main idea) dan yang lainnya sebagai ide
pendukung (supporting idea). Ide pokok berfungsi untuk menunjukkan tujuan dari
pesan bisnis sehingga audience mengerti dan mudah dipahami.
Topik dan ide pokok
merupakan dua hal yang berbeda. Topik adalah subjek pesan yang lebih luas.
Sedangkan ide pokok adalah penyataan suatu topik yang menjelaskan isi dan
tujuan dari topik tersebut.
Cara Menentukan Ide
Pokok yaitu dengan cara sebagai berikut :
- Teknik Brainstorming
Cara menggunakan
teknik ini yaitu dengan mempertimbangkan tujuan, audience, fakta yang ada dan
juga memberikan keleluasan pikiran untuk mencari berbagai kemungkinan.
- Teknik Pembatasan Cakupan
Pembatasan cakupan
adalah ide pokok dari pesan-pesan selebihnya dan disesuaikan dengan waktu yang
tersedia sehingga poin-poin yang penting tidak terabaikan.
E. Seleksi Saluran dan
Media
Pilihan dasar antara
berbicara atau menulis bergantung pada tujuan atau maksud pesan, audience dan
karakteristik terbagi menjadi dua saluran, diantaranya :
- Saluran Lisan (Oral)
Salah satu kebaikan
dari komunikasi lisan adalah kemampuan memberikan feedback
dengan segera. Kelebihan lain adalah sifatnya yang ekonomis. Pendekatan lisan
juga bermanfaat apabila yang disajikan adalah informasi kontroversial karena
reaksi audience dapat terbaca dari bahasa isyarat mereka.
- Saluran Tertulis (Written)
Salah
satu kelebihan komunikasi tertulis adalah penulis mempunyai
kesempatan untuk merencanakan dan mengendalikan pesan-pesan mereka. Suatu
format tulisan diperlukan jika informasi yang disampaikan kompleks dan
dibutuhkan catatan permanen untuk referensi.
Dalam memilih saluran
dan media berkomunikasi perlu dipertimbangkan tingkat kepentingannya,
formalitas, kompleksitas, tingkat kerahasiaan, emosional dan biaya pengiriman
serta harapan audience.
Sumber:
http://documents.tips/documents/perencanaan-pesan-komunikasi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar