Senin, 06 Juni 2016

Komunikasi Dalam Organisasi

     
      Pola Komunikasi Bisnis
Secara umum, pola komunikasi (patterns of communications) dapat dibedakan menjadi dua saluran (Purwanto, 2006 : 40 - 45), yaitu :
      
      Saluran Komunikasi Formal
   Dalam struktur organisasi garis, fungsional, maupun matriks, akan tampak berbagai macam posisi atau kedudukan masing-masing sesuai dengan batas tanggung jawab dan wewenangnya. Dalam kaitannya dengan proses penyampaian informasi dari manajer kepada bawahan, pola transformasi informasinya dapat berbentuk 3 pola yaitu 
     
     A. KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
      
     Ada tiga macam komunikasi dalam organisasi yaitu :
1   .      Komunikasi vertical dari atas ke bawah
2   .      Komunikasi vertical dari bawah ke atas
3   .      Komunikasi horizontal
     
     Fungsi komunikasi dalam organisasi ini adalah :           
a     -   Fungsi integratif, yaitu bertujuan untuk menjaga kesatuan individu dan bagian-bagian dalam organsasi.
b    -  Fungsi interaktif, yaitu menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap agar individu atau bagian organisasi dapat mengadakan penyesuaian baik antar sub system dalam organisasi ataupun dengan dunia lingkungannya.

     B. KOMUNIKASI DALAM BISNIS
   
   Komunikasi bisnis dapat dilakukan di dalam perusahaan dan diluar perusahaan. Di dalam perusahaan  komunikasi perlu dibina dengan baik dengan para karyawan agar mereka lebih yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika karyawan tidak yakin, tidak mengenal secara lengkap akan produk yang dihasilkan maka mereka sulit mengkomunikasikan produk tersebut kepada orang lain di luar perusahaan. Kemudikan komunikasi intern ini sangat penting untuk menjaga kelancaran jalannya organisasi perusahaan sehingga tidak akan timbul miskomunikasi antar bagian-bagian, seksi-seksi dalam perusahaan. Komunikasi eksternal dilakukan perusahaan dalam hubungan dengan masyarakat, pemerintah pada umumnya dan khususnya terhadap para konsumen atau langganan.

C. Mengelola Komunikasi Bisnis

Masalah dalam komunikasi bisnis Ada dua hal yang harus diperhatikan untuk mengelola komunikasi,diantaranya yaitu:
1. Penanganan pesan-pesan rutin

- Mengurangi jumlah pesan
- Memberi instruksi yang jelas
- Mendelegasikan tanggung jawab
- Melatih para penulis dan pembicara

2. Penanganan krisis komunikasi. Mengelola arus pesan-pesan bisnis dari hari ke hari merupakan hal yang biasa, teteapi keterampilan komunikasi baru benar-benar teruji saat muncul krisis komunikasi dalam suatu organisasi.

Sumber: http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=25288
http://comunitaseconomic.blogspot.co.id/2012/10/komunikasi-bisnis_6.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar