Apakah salah
pemasaran menjadi salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan?
Perusahaan adalah
Suatu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga
kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output)
kepada pelanggan. Setiap perusahaan
ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang
terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk
perusahaannya sendiri, dalam tugas individu kali ini mengenai tentang apakah
salah pemasaran salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan? Sebelum menjelaskan
penyebabnya ada baiknya kita mengetahui pengertian pemasaran dan kepailitan. Pemasaran
merupakan kegiatan dalam usaha khususnya di sebuah perusahaan untuk menyusun
komunikasi yang bertujuan memberikan informasi produk/jasanya kepada publik
agar bisa diterima dengan baik dan salah satu faktor penunjang keberhasilan
perusahaan. Kepailitan itu sendiri proses
dimana seorang yang mempunyai kesulitan
keuangan untuk membayar utangnya dinyatakan pailit atau bangkrut oleh
pengadilan.
Saya mempunyai pendapat salah
pemasaran salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan, tentu saja “iya”.
Kenapa “iya” . disini saya akan menjelaskan sedikit alasannya karena pemasaran
hal yang terpenting dalam dunia usaha apalagi dalam sebuah perusahaan kita
harus tahu betul mengatur strategi target pasar yang akan dituju, mempromosikan
barang/jasa pun sangat dibutuhkan agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Jika suatu
perusahaan mengalami salah pemasaran akan berakibat sangat fatal bagi
kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Faktor yang menyebabkan salah pemasaran
yaitu perencanaan strategi pemasaran yang salah, target pasar yang tidak tepat
sasaran, kurangnya sumber daya manusia untuk memasarkan produk dan jasanya,
pemilihan lokasi yang kurang strategis dan menimbulkan penurunan daya beli
konsumen terhadap barang yang ditawarkan akibatnya perusahaan mengalami
kerugian tidak bisa membayar utang serta membayar gaji para karyawan. Maka perusahaan
itu akan pailit atau lebih dikenal dengan bangkrut tidak bisa melanjutkan
aktivitas apapun.
Kesimpulan dari pendapat saya
adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan harus bisa
direncanakan dengan sebaik mungkin agar tidak mengalami kepailitan atau
bangkrut yang mengakibatkan kerugian banyak
pihak.
Demikian penjelasan yang dapat saya tulis diblog ini mungkin masih ada
kekurangan saya memohon maaf. Karena masih dalam proses belajar. Sekian dan
terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar