Minggu, 03 Mei 2015

Tugas Individu Kewirausahaan


Apakah salah pemasaran menjadi salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan?


Perusahaan adalah Suatu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya sendiri, dalam tugas individu kali ini mengenai tentang apakah salah pemasaran salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan? Sebelum menjelaskan penyebabnya ada baiknya kita mengetahui pengertian pemasaran dan kepailitan. Pemasaran merupakan kegiatan dalam usaha khususnya di sebuah perusahaan untuk menyusun komunikasi yang bertujuan memberikan informasi produk/jasanya kepada publik agar bisa diterima dengan baik dan salah satu faktor penunjang keberhasilan perusahaan. Kepailitan itu sendiri  proses dimana seorang  yang mempunyai kesulitan keuangan untuk membayar utangnya dinyatakan pailit atau bangkrut oleh pengadilan.

Saya mempunyai pendapat salah pemasaran salah satu penyebab kepailitan suatu perusahaan, tentu saja “iya”. Kenapa “iya” . disini saya akan menjelaskan sedikit alasannya karena pemasaran hal yang terpenting dalam dunia usaha apalagi dalam sebuah perusahaan kita harus tahu betul mengatur strategi target pasar yang akan dituju, mempromosikan barang/jasa pun sangat dibutuhkan agar bisa dikenal oleh masyarakat luas. Jika suatu perusahaan mengalami salah pemasaran akan berakibat sangat fatal bagi kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Faktor yang menyebabkan salah pemasaran yaitu perencanaan strategi pemasaran yang salah, target pasar yang tidak tepat sasaran, kurangnya sumber daya manusia untuk memasarkan produk dan jasanya, pemilihan lokasi yang kurang strategis dan menimbulkan penurunan daya beli konsumen terhadap barang yang ditawarkan akibatnya perusahaan mengalami kerugian tidak bisa membayar utang serta membayar gaji para karyawan. Maka perusahaan itu akan pailit atau lebih dikenal dengan bangkrut tidak bisa melanjutkan aktivitas apapun.

Kesimpulan dari pendapat saya adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan harus bisa direncanakan dengan sebaik mungkin agar tidak mengalami kepailitan atau bangkrut  yang mengakibatkan kerugian banyak pihak.


Demikian penjelasan yang dapat  saya tulis diblog ini mungkin masih ada kekurangan saya memohon maaf. Karena masih dalam proses belajar. Sekian dan terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar